Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google 2019

Cara-Agar-Blog-Cepat-Terindex-Search-Engine
Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google 2019 - Kali ini saya akan berbagi ilmu Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google. Biasanya untuk blog baru yang masih berusia sekitar 1 sampai 3 hari, blog tersebut tidak terindex Google. Blog kita terindex Google merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan blog kita, tanpa adanya indexs dari Google kemungkinan besar blog kita akan sepi pengunjung, walaupun kita masih bisa menggunakan media sosial namun kelemahan dari media sosial adalah membuat trafik blog tidak stabil karena kita harus rajin promosi. Jika kita sehari saja tidak promosi maka trafik akan turun. Kembali kepembahasan, Proses index yang dilakukan oleh search engine tanpa campur tangan kita akan sangat lama. Oleh karena itu kita harus melakukan sesuatu agar dapat mempercepat proses indexsnya. 

Berikut adalah Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google 2019

1. Submit Sitemap ke Google
Sitemap adalah sebuah daftar isi yang menerangkan tentang apa yang ada pada blog/website anda, sitemap disini bukan daftar isi yang seperti ada pada halaman melainkan sitemap yang berupa XML, XML adalah sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh search engine. Untuk pengguna Wordpress bisa membuat sitemap dengan plugin, dan untuk pengguna Blogspot biasanya sudah terintegrasi, seperti pada contoh dibawah.
namablog.blogspot.com/sitemap.xmlnamablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Silahkan submit sitemap anda pada Google Webmaster Tools, untuk Bing/Yahoo silahkan submit ke Bing Webmaster Tools

2. Link Building Agar Postingan Cepat Terindex Google
Untuk cepat terindex anda harus membangun link ke halaman post anda, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilah link dofollow yang mengarah ke konten anda. Hal ini juga akan membuat blog anda menjadi populer dan terpercaya di mata search engine, mesin pencari seperti Google sangat senang dengan blog/web yang mempunyai link dofollow yang relevan yang mengarah ke halaman blog anda dan Google Pagerank pun bisa anda dapatkan.

3. Promosikan Blog Di Media Sosial
Salah satu cara yang sangat cepat agar blog anda terindex mesin pencari adalah dengan membagikan (share) konten anda pada situs social media atau social bookmark yang banyak di jumpai sekarang ini seperti Google+, Twitter, Facebook, Linkedin, Pinterest, dll. Selain itu blog anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

4. Internal Linking Dalam Halaman Blog/Website
Jika anda ingin halaman baru pada situs anda diindeks cepat maka internal linking akan menjadi sangat berguna. Sebutkan halaman baru anda dengan anchor text link, dan perbarui (update) halaman yang sudah terindeks sebelumnya dengan menyertakan link ke halaman baru anda (pastikan pembahasan pada konten anda sebelumnya cocok dengan konten anda yang baru).

Linking halaman situs anda bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yang sangat penting juga adalah membangun link dalam website anda (internal linking) yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs anda.

5. Ping website/blog untuk memanggil Google/Bing spider
Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website tradisional

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda.
Ada banyak situs layanan ping online yang tersedia. Beberapa yang terbaik yang saya ketahui adalah:
  1. Pingoat.com
  2. Pingomatic.com
  3. Mypagerank.net
  4. Pingates.com
  5. Pingoat.com
  6. Pingler.com
  7. Auto-ping.com
  8. Autopinger.com
  9. Pingmyblog.com
  10. Ping.in
6. Melakukan BlogWalking
Blog dengan pembaca yang aktif dan banyak konten baru akan di crawled secara teratur oleh search engine, dengan berkomentar pada blog seperti itu maka anda akan mendapatkan imbas dari popularitasnya dan akan mendapatkan halaman sendiri diindeks dengan cepat. Cobalah mengomentari posting terakhir pada blog-blog yang sudah terkenal dan mempunyai ranking tinggi, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan halaman baru diindeks cepat dan pastikan bahwa anda menggunakan halaman yang ingin diindeks sebagai URL website anda ketika berkomentar tidak hanya halaman muka (homepage) saja.

7. Update Konten Artikel Blog/Website Secara Teratur
Pastikan anda memperbarui situs anda secara teratur, konten atau artikel yang fresh adalah penting untuk mendapatkan halaman baru diindeks. Jika konten/postingan yang ada pada blog anda sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) blog anda secara teratur, Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan artikel nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten atau postingan baru yang segar.

8. Template Blog Mobile Friendly dan Responsive Design
Tidak bisa dipungkiri lagi, pengguna gadget smartphone dan tablet sekarang sudah melebihi dari pengguna komputer PC dan laptop, maka wajib bagi kita sekarang untuk mengubah template lama kita agar responsive dan mobile friendly agar visitor yang berkunjung ke situs/blog kita tidak kesusahan untuk membaca konten yang ada di blog kita, apalagi sekarang Google sudah menerapkan algoritma MOBILEGEDDON yang meharuskan kita untuk membuat website/blog yang mobile friendly dan tentu saja ini akan berpengaruh besar pada SEO Onpage dan ranking kita di Google search khususnya mobile search. Jadi buat anda yang masih menggunakan template lama silahkan di-upgrade agar bisa mobile friendly dan agar cepat terindeks Google, beberapa hari yang lalu saya pernah me-review premium responsive dan SEO friendly Blogger template yang saya pakai di blog saya ini, dan untuk tampilannya lumayan bagus dan elegan.

Untuk penutupan, setelah, melakukan hal diatas. Blog biasanya akan terindexs setelah 2 sampai 4 hari. Namun apabila beruntung bisa hanya dalam beberapa jam saja. Didalam kurun waktu itulah. Silahkan manfaatkan untuk membuat artikel yang lebih menarik lagi. Untuk mengetahui apakah blog sudah terindex bisa langsung di cek di Google dengan memasukan Judul Blog kalian. Atau bisa dengan menggunakan Google Search Console.

Oke, Mungkin segitu saja untuk artikel Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google 2019. Semoga kalian mendapatkan ilmu setelah membaca artikel ini, maaf apabila ada salah-salah kata maupun data. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

32 Comments

  1. artikel Cara Cepat Blog Terindex Search Engine sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  2. apakah boleh posting artikel hanya seminggu sekali ??

    dan pentingkah kualitas konten artikel biar cepat di index search engine??
    soalnya saya masih newbie jadi belum pandai ngeblognya.

    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak ya caranya. Malas duluan hw hw he.....

    ReplyDelete
  4. wah.. ada triknya patut dicoba nih, thanks gan

    ReplyDelete
  5. banyak juga ya cara nya,ijin praktek gan

    ReplyDelete
  6. gagal paham di poin 4 gan...internal linking...
    maksudnya jika buat post baru, n punya post yang terkait dengan post baru, harus buat link post lama di post baru gitu gan...

    ReplyDelete
  7. terima ksih infonya gan. udah gua coba... emang terbukti ampuh

    ReplyDelete
  8. Setuju, mas, tambahan dari jangan ada iframe kalau pun ada harus diganti dengan object. Tambahan juga bisa bikin ulasan singkat academia edu dan sejenisnya.

    Makasih mas sangat membantu artikelnya.

    ReplyDelete
  9. Bisa dijelaskan lebih lanjut mengenai link building?
    Trims.

    ReplyDelete
  10. wah keren artikelnya...bisa jadi referensi buat blogger pemula spt saya.....

    ReplyDelete
  11. Lgi nyari postingan seperti ini, makasih infonya

    ReplyDelete
  12. Info ini nih yang gua cari, Ijin dicoba min

    ReplyDelete
  13. Bermanfaat banget nih infonya
    Soalnya ane udah lumayan lama ngeblog tapi masih sepi pengunjung
    Jangan lupa pada mampir ya https://goo.gl/nPM2uT

    ReplyDelete
  14. mntap nih ilmunya masrah izin bookmart :)

    ReplyDelete
  15. Makasi gan ilmunya, semoga bisa di page one

    ReplyDelete
  16. indexnya gak cuma google aja, yahoo,bing baidu juga bang

    ReplyDelete
  17. Gan...kalau misal dh ganti ke costum domain harus di submit lgi gx

    ReplyDelete
  18. Makasih tips nya bisa ane coba nanti

    ReplyDelete
  19. good gan ane coba ini cara dan ternyata berhasil

    ReplyDelete
  20. mantab, ini yang dicari-cari. thanks gan infonya, nicepost!

    ReplyDelete