Cara Melindungi Artikel Dari COPAS

Cara Melindungi Artikel Dari COPAS
Cara Melindungi Artikel Dari COPAS - Halo selamat sore, kali ini kita akan membahas tentang COPAS. Di kalangan blogger bicara tentang COPAS sudah sering kita dengar. Pernahkah artikel kalian di COPAS ? bagaimana perasaan kalian jika artikel kalian dicopas ? pasti kalian merasa kesal, jengkel, dan marah apalagi jika COPAS tanpa disertakan sumber. Nah oleh karena itu saya akan berbagi tutorial mengantisipasi agar artikel kita tidak dicopas. Banyak orang yang ingin sukses dalam dunia blogging namun mereka melakukan cara curang yaitu COPAS. COPAS sudah pasti melanggar peraturan dari Google Adsense, jadi jika kalian ingin sukses dengan Google Adsense, saya sarankan jangan melakukan COPAS.

Cara Melindungi Artikel Dari COPAS
  • Cara Pertama
Kode ini berguna untuk mematikan fiture klik kanan, sekaligus memunculkan pesan dari Anda sebagai blogger.

1. Masuk dashboard kalian
2. Pilih menu Tata Letak → Tambahkan Gadget → HTML JavaScript
4. Copy paste kode dibawah ini di gadget tersebut
<script> var message="Hayo...! Mau copas ya?";///////////////////////////////////function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>
PeringatanGanti kode berwarna merah dengan pesan yang ingin kalian sampaikan kepada pengcopas
5. Save
  • Cara Kedua
Kode berikut ini "maqomnya" lebih tinggi dari kode di atas. Artinya, kode ini sama sekali mematikan klik kanan, tidak bisa "select text", dan mematikan fungsi Ctrl+C keyboard. Namun, konten blog kita masih bisa dicopy dengan cara Ctrl+P (Print). Di sana "sang copaser" masih bisa "Select Text" and "Copy" tulisan di blog kita.

Cara memasangnya sama dengan Cara Kedua, hanya saja kodenya ganti dengan kode dibawah ini
<script language='JavaScript1.2'>function disableselect(e){return false}function reEnable(){return true}document.onselectstart=new Function ("return false")if (window.sidebar){document.onmousedown=disableselectdocument.onclick=reEnable}</script>
  • Cara Ketiga
Kode berikut ini berfungsi menyembunyikan teks atau isi tulisan saat blog kita di-Ctrl+P oleh user. Ngeblank aja gak ada apa-apa, sehingga tentu gak bisa diselect text dan dicopy.

1. Masuk dashboard Kalian
2. Pilih menu Template → Edit HTML
3. Cari kode </body> (gunakan ctrl+f untuk mempermudah)
4. Copy paste kode dibawah ini tepat diatas kode </body> 
<style type="text/css" media="print">    * { display: none; }</style>
  • Cara Keempat
Nah... kalo kode yang ini "Perlindungan Total" terhadap konten blog Anda. Semua fungsi untuk copy paste tulisan dimatikan, baik klik kanan maupun Ctrl+C, Ctrl+U, dan CTRL+P. 

1. Masuk dashboard Kalian
2. Pilih menu Template → Edit HTML
3. Cari kode <body> (gunakan ctrl+f untuk mempermudah)
4. Ganti kode <body> dengan kode dibawah ini
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
Jika kode keempat ini tidak berfungsi, maka pasang pula kode nomor 3.
  • Cara Kelima
Jika Anda hanya ingin anti-copas dan disable klik kanan ini diterapkan di posting tertentu atau di halaman statis tertentu, maka caranya:
1. Selesaikan artikel kalian
2. Klik mode HTML 
3. Copas kode berikut ini di atas dan tempatkan di bawah postingan/paling bawah.
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'/>
4. Publikasikan

Demikian berbagai cara dan kode  Kode Anti Copas untuk Blog: Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan. Risikonya, pengunjung bisa berkurang karena mereka malas balik lagi, juga fungsi Kotak Pencarian akan mati.

Meskipun masih bisa di-copas juga dengan mematikan Javascript di browser, setidaknya kode anti-copas posting blog ini mempersulit dan meminimalkan "pencurian: konten blog Anda. Semoga Artikel ini bermanfaat dan terimakasih

7 Comments